Email atau mungkin yang sekarang lebih kita kenal dengan Surat Elektronik, Ternyata sudah mulai dipakai pada tahun 1960-an lho. Disaat berbagai komputer masih jadul email sudah ada. Pada saat itu Internet belum secanggih seperti sekarang ini, zaman dahulu internet yang ada hanyalah kumpulan ‘mainframe’ yang terbentuk sebagai jaringan. Baru lha sekitar Mulai tahun 1980-an, surat elektronik atau email ini sudah bisa dinikmati dan digunakan oleh khalayak umum. Efek sampingnya Sekarang ini jadi banyak kantor perusahaan pos di berbagai negara mulai menurun penghasilannya disebabkan banyak masyarakat yang sudah tidak memakai jasa pos lagi untuk berkirim surat.

email

Sejarah Email Pertama Di Dunia

Pada awalnya email pertama kali dikemukakan oleh Ray Tomlinson sekitar pada akhir tahun 1971-an. Ray Tomlinson pada saat itu bekerja untuk Bolt Beranek and Newman “BBN” milik lembaga pertahanan Amerika. Pada awalnya” Ray bereksperimen dengan program komputer yang bernama SNDMSG yang pada saat itu digunakan untuk meninggalkan pesan pada komputer, sehingga orang yang memakai komputer dapat membaca pesan yang ditinggalkan oleh pemakai komputer “saat itu normal ketika banyak orang menggunakan komputer yang sama secara bergantian”.

Eksperimen Ray kemudian dilanjutkan dengan menghubungkan SNDMSG melalui file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG dapat mengirimkan pesan ke komputer lain” namun masih berada dalam satu jaringan ARPAnet. Eksperimen tersebut berhasil dan Itulah awal terciptanya email.

Pesan email pertama kali yang dikirim oleh Ray pada 1971 merupakan email pertama di dunia. Isi Pesan berupa “kata kata tes” sepenuhnya dilupakan, Kemungkinan pesan pertama yang dikirimkannya adalah QWERTYUIOP atau huruf serupa,” kata Ray dalam akun Flickr miliknya. Pada tahun 1972, Ray mengenalkan lambang @ “Indonesia dibaca ET” sebagai identitas email untuk memisahkan antara Identitas pengguna dengan domain. @ “bahasa inggris ditulis AT” artinya adalah Kepada.

Anatomi Ratel, sebagai contoh:

[email protected]

Keterangan:

  • emailsaya: nama kotak surat (mailbox) atau nama pengguna (username) yang ingin dituju dalam mailserver
  • admin.pulsaelektrik.co.id: nama mailserver tempat pengguna yang dituju, rinciannya:
    • admin: subdomain (milik pemegang nama domain), biasanya merujuk ke suatu komputer dalam lingkungan pemilik domain
    • pulsaelektrik: nama domain, biasanya menunjukkan nama perusahaan/organisasi/perorangan (Pulsaelektrik)
    • co: second level domain, menunjukkan bahwa domain ini termasuk kategori corporation (co)
    • id: top level domain, menunjukkan bahwa domain ini terdaftar di otoritas domain Indonesia (id)

Sudah jelaskan sekarang. jadi kurang lebih seperti itulah awal mula sejarah email ada, dan akhirnya bisa berkembang seperti sekarang ini.